1. MYOB Ver. 13
Kelemahan:
1.
Database MYOB merupakan database yang dikunci, artinya pengguna tidak
dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga
customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh MYOB.
2.
MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature
perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan
perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di
dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
3.
Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan
modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi
oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah
persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi,
maintenance, jenis barang dan lainnya.
4. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
5.
MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi
company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat
dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
1. Easy
of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna
dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki
latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup dan
implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam
penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses bisnis yang
ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu
MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti
proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2.
Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan
secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga
pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat
diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan baik
dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3.
Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek
serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per
proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui
kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4.
Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat
dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance
tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB,
para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan
apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang
relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5.
Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB
cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga
pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat
universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran
Accounting.
6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
7.
Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang
dari USD 1.000,- (diluar training dan implementasi). Kuncinya adalah
pelaksanaan setup dan implementasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki
tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB.
Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya; tentunya lebih
banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan
tersebut.
8.
Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk
keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat
anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat
diselesaikan dengan cepat pula.
2. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
Kelebihan:
1. Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi
2. Dimana
aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur,
slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan
terlebih dahulu.
3. bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
4. menyediakan fitur pengelolaan data klien
Kelemahan:
1. Dalam hal perpajakan (MOAE) tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
2. Untuk fitur - fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.
3. Accurate Accounting
Kelebihan:
a. sangat mudah sangat aplikatif bagi proses bisnis UKM di Indonesia
b. Dalam hal kepentingan perpajakan, Accurate telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku di Indonesia.
c. Standar
akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang
ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.
d. Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920 triliun.
Kelemahan:
1. Untuk Harga sangat mahal:
a. ACCURATE Standard Rp. 5.000.000, – 2 user(2 komputer)
b. ACCURATE Project Rp. 8.000.000, – 2 user (2 komputer)
c. ACCURATE Enterprise Rp. 25.000.000, – 5 user (5 komputer)
d. ACCURATE Extra Licence Rp. 1.500.000/licence (penambahan komputer)
4. DacEasy Accounting 3.0
Kelebihan:
a. Respon cepat
b. Jarang terkena virus
c. Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan:
a. Tampilan masih hitam putih
b. Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
c. Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
5. Zahir Accounting
Kelebihan:
a. Mudah digunakan oleh non Akuntan
b. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
c. Faktur dan Laporan dapat Didesain
d. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
e. Menggunakan Database Client Server
f. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
g. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
h. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)
Kelemahan:
a. Harga untuk licensinya mahal
b. tidak dapat secara
otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada
akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan
alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
c. Hanya memiliki satu mata uang.SUMBER :
http://softskill-rudy.blogspot.com/2010/10/5-software-akuntansi.html
konsultan software akuntasi http://konsultansoftwareaccounting.com
BalasHapusKonsultan software akuntansi recomended
BalasHapus